Bahasa Arab

Bahasa Arab adalah  salah suatu bahasa dari rumpun bahasa  Semit Selatan yang digunakan oleh orang – orang yang mendiami Semenanjung Arabia  di bagian barat daya Benua Asia. Bahasa Arab telah mengalami perjalanan sejarah yang sangat panjang, seiring dengan  perluasan penyebaran agama Islam dari waktru ke waktu, abad ke abad,  sehingga sekarang bahasa Arab menjadi bahasa resmi di berbagai  Negara, antara lain : Yordania, Suriah , Tunisia, Arab Saudi, Sudan, Mesir, Maroko, Al – Jazair, Irak, Libanon, Libya, Iran, Iran dan Negara-negara yang ada di Semenanjung  Arabia.

Bahasa Arab merupakan bahasa tertua di dunia, dalam pertumbuhan dan  perkembangan tidak diketahui dengan pasti , tetapi teks bahasa Arab tertua ditemukan dua abad sebelum Islam datang yaitu yang dikenal dengan sebutan Sastra Jahiliah (Al-Adab al-Jahiii)

Bahasa Arab dibagi menjadi dua bagian .Pertama,  bahasa Arab yang sudah punah (al-‘ Arobiyyah Al-Baa’idah) yaitu bahasa yang telah digunakan orang orang Arab yang berada di bagian utara Hedzjaz  dan wilayah berbatasan dengan Armenia dan jauh dari pusat pusat bahasa Arab fusha,  dan kemudian bahasa Armenia sangat mendominasi, sehingga lambat laun bahasa Arab ini musnah sebelum Islam datang,  dan yang tertinggal hanya berupa ukiran ukirannya  saja yang disebut ( Al arobiyyah an-nuqusy). Kedua , Bahasa Arab yang masih hidup (al-‘Arobiyyah al-Baaqiyah) yaitu bahasa yang sampai sekarang masih digunakan  oleh orang-orang Arab  sebagai bahasa  sastra, bahasa lisan dan bahasa tulisan. Bahasa ini tumbuh di Nedzjaz dan Nejd berkembang di seluruh Negara.

Dialek Kuraisy dalam perkembangannya. Pada jaman Jahiliyahdialek bahasa Arab sangat beragam, satu sama lain berbeda, dan diantaranya adalah dialek Kuraisy,  yang digunakan penduduk Mekah.  Sementara itu, sebelum Islam datang Mekah telah menjadi pusat kegiatan perekonomian, keagamaan dan kesusasteraan  sehingga kota ini banyak dikunjungi oleh berbagai suku,  kabilah bangsa Arab.

Faktor factor yang menyebabkan dialek Kuraisy  berkembang, antara lain :

  1. 1.Agama,

Mekah adalah kota suci, suku – suku  atau kabilah-kabilah bangsa Arab dari  berbagai daerah  berdatangan untuk melaksanakan ibadah haji di Baitullah dan juga tempat berhala berhala yang mereka sembah ( sebelum datang Islam)

  1. 2.Ekonomi ,Orangpada masa itu  menguasai sumber sumber ekonomi  Arab tidak hanya di Mekah atau sekitarnya tetapi di Yaman bagian selatan  dan Suriah bagian utara
  2. 3.Kekuasaan Politik, kekuasaan politik yangbesar berada pada pemuka-pemuka Kuraisy.
  3. 4.Dialek Kuraisy merupakan dialek paling tua, gayapaling sempurna,dan materinya sangat luas dan lengkap.

Faktor-Faktor Yang Mendorong Perkembangan Bahasa Arab

Sebelum Datang Islam  .

  1. 1.Dialeksangat mendominasi dialek-dialek lain yang  ada pada masa itu.
  2. 2.Dialek Kuraisy di pakai oleh para pemuka suku dalam pertemuan-pertemuan khusus guna menyelesaikan berbagai permasalahan suku.
  3. 3.Hadirnya pasar pasar ( aswaaq) sebagai tempat kegiatan ekonomi dan perlombaan (musabaqoh) hasil karya sastra dari tiap-tiap kabilah..
  4. 4.Para penyair arab mempunyai perandalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan bahasa Arab.

Bahasa Arab di bagi 2 bagian.

  1. 1.Bahasa ‘Arab ‘Amiyah, adalah bahasa yang digunakan dalam komunikasi / percakapan sehari-hasi.
  1. 2.Bahasa Arab Fusha (fasih) yaitu mencakup bahasa Al Quran dan Hadits, bahkan sekarang di pergunakan sebagai bahasa lisan, tulisan seperti : bahasa sastra,, surat kabar, majalah, buku-buku ilmu dan pengetahuan , ADM perkantoran, Syair , prosa, ceramah ilmiah, dan berbagai hutbah.

Ciri-ciri bahasa Arab.        

  1. 1.Merupakan bahasa terlengkap di antara bahasa – bahasa semit
  2. 2.Mempunyai beberapa bunyi yang tidak terdapat dalam bahasa semit antara lain seperti :dzal, ghain, tsa , da’
  3. 3.Mempunyai akar kata yang sangat banyak dan lebih luas dibanding dengan bahasa semit-semit yang lainnya.

Kosa Kata Bahasa Arab.

  1. 1.Masuknya kosa kata bahasa lain ke dalam bahasa Arab dalam jumlah besar.
  2. 2.Penyusunan kamus dengan mengambil kosa kata dari dialek Kuraisy dan dialek suku lain.
  3. 3.Adanya penulisan berbagai kosa kata dari dialek Kuraisy dan dialek suku lain.
  4. 4.Banyak kosakata yang ditulis dalam kamus mempunyai kemiripan makna/arti
  5. 5.Banyak kata benda yang menggunakan kata-kata sifat.

Karakteristik  Bahasa Arab.

  1. 1.Huruf Arab berjumlah 29 huruf (huruf abjad) yang masing huruf memiliki bentuk bentuk tersendiri, ketika berdiri sendiri atau diposisi awal,  tengah dan akhir.ada beberapayang hanya dapat di tulis  bersambung dengan huruf lain  di depannya seperti ;  alif ,dal,dzal ro , zay dan waw.
  2. 2.Bahasa Arab mempunyai dua macam vocal , tunggal dan rangkap.
  3. 3.Mengenal isim musytaq dan mujarrod
  4. 4.Mengenal ta marbuthoh
  5. 5.Mengenal tasydid

Cabang Ilmu Bahasa Arab

  1. 1.Ilmu Nahwa ( geramatika)
  2. 2.Ilmu( perubahan bunyi dalam kata)
  3. 3.Ilmu Balaghoh ( Seni gaya bahasa)
  4. 4.Ilmu( membaca)
  5. 5.Ilmu Kesusasteraan Arab ( sastera)
  6. 6.Ilmu Kritik Sastera
  7. 7.Ilmu A‘rudh ( membuat syair)

Sejarah Perioderisasi perkembangan Bahasa Arab

Para ahli Bahasa membagi sejarah perkembangan bahasa arab kepada 5 periode, antara lain :

  1. 1.Periode Jahiliyah , periode pembentukan dasar- dasar bahasa arab,
  1. 2.Periode permulaan Islam, mulai datangnya islam sampaiBani Umayyah . Setelah Islam berkembang luas terjadi perpindahan orang orang arab ke daerah-daerah baru terjadi asimilasi antara pendatang (penyiar Islam) dan penduduk asli . mereka tinggal dan menetap di tengah tengah penduduk asli ,sehingga terjadi asimilasi  maka bahasa arab semakin kuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top