Road Map Penelitian

KATA PENGANTAR

Penelitian merupakan dharma kedua dari Tri Dharma Perguruan Tinggi memegang peranan yang sangat penting. Penelitian bukan hanya berperan dalam menghasilkan produk-produk komersil dengan inovasi tinggi, tetapi merupakan penunjang penting dalam pelaksanaan dharma pertama (pembelajaran) dan dharma ketiga (pengabdian kepada masyarakat). Kegiatan penelitian di Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah IAIN Bone diarahkan kepada penelitian yang relevan dengan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia saat ini, sehingga mampu berkonstribusi baik dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa. Sejalan dengan hal tersebut, Prodi PBA Fakultas Tarbiyah IAIN Bone merealisasikan tujuan penelitian dengan mengalokasikan sumberdaya manusia sesuai dengan kepakaran yang diperlukan yang ada di prodi PBA Fakultas Tarbiyah IAIN Bone.

Watampone, 26 Juli 2019

Ketua Prodi

BAB I PENDAHULUAN

A.  Arah Kebijakan

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah IAIN Bone memiliki tugas besar dalam rangka mewujudkan visi keilmuan prodi. Sebagai lokomotif pengembangan di bidang pendidikan islam, Prodi Pendidikan Agama islam sangat aktif dalam mengembangkan tridarma perguruan tinggi khususnya pada bidang penelitian. Peran dan kontribusi dalam program dan kegiatan- kegiatan  riset dan   publikasi  dapat  menjadi tolak ukur keberhasilan Prodi PBA secara umum.

Sebagai bentuk dari salah satu penguatan Prodi PBA, maka disusunlah peta jalan  penelitian  di  lingkungan  Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Bone untuk tahun 2019-2023. Prodi PBA harus menghasilkan penelitian sesuai prioritas nasional, menjamin pengembangan penelitian unggulan, meningkatkan mutu penelitian yang relevan bagi masyarakat, meningkatkan  karya  ilmiah  dosen  agar  bisa  tembus  pada  jurnal nasional maupun internasional serta meningkatkan perolehan HKI secara nasional maupun internasional.

Arah kebijakan dan sasaran strategis (impact) yang ditetapkan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendis, berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 39 Tahun 2015 Tentang Rencana Strategis Kementerian Agama Tahun 2015-2019, adalah meningkatnya kualitas, relevansi dan daya saing Pendidikan Tinggi Islam. Target kinerja sasaran strategis tersebut diarahkan pada pencapaian sasaran program (outcome), yakni meningkatnya jumlah dosen profesional bagi penguatan program studi (prodi). Untuk mencapai sasaran outcome tersebut, kegiatan diarahkan pada pencapaian sasaran (output) kegiatan bidang penelitian, yaitu peningkatan penilitian yang bermutu. Untuk mencapai sasaran output tersebut, kegiatan penelitian yang bermutu diarahkan pada pencapaian sasaran berikut: 1) Meningkatnya kualitas hasil penelitian/riset, dan 2) Meningkatnya kualitas hasil inovasi, yang ditandai: a) Jumlah riset/penelitian; b) Jumlah jurnal terakreditasi nasional; c) Jumlah jurnal terakreditasi internasional (terindex scopus); d) Jumlah karya ilmiah yang mendapatkan  hak paten;  dan e)  Jumlah hasil inovasi  pada  perguruan tinggi Islam.

Adapun tema-tema dalam peta jalan penelitian di lingkungan Prodi PBA diarahkan pada tema-tema yang telah ditetapkan dalam Agenda Riset Keagamaan Nasional (ARKAN), antara lain: 1). Kajian teks suci dalam agama- agama; 2). Syariah, hukum dan peraturan perundang-undangan; 3). Negara, agama, dan masyarakat; 4). Keragaman dalam etnis, budaya, sosial, dan tradisi keagamaan; 5). Studi Kawasan dan globalisasi; 6). Tradisi pesantren dalam konteks masyarakat Indonesia; 7). Pengembangan pendidikan;8). Sejarah, arkeologi  dan manuskrip;  9).  Pengembangan  ekonomi  dan  bisnis  berbasis syariah; 10). Isu jender dan keadilan; 11). Kesejahteraan sosial dalam masyarakat; 12). Lingkungan dan pengembangan teknologi; 13. Pengembangan Kedokteran dan Kesehatan

B.  Landasan Hukum

1.   Undang-undang  RI  Nomor  20  Tahun  2003  Tentang  Sistem  Pendidikan Nasional;

2.   Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi

3.   Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;

4.   Peraturan   Pemerintah   Nomor   4   tahun   2014   tentang   Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi

5.   Peraturan  Presiden  Nomor  38  Tahun  2018  Tentang  Rencana  Induk  Riset Nasional Tahun 2017-2045;

6.   Peraturan Menteri Agama Nomor 10 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Agama;

7.   Peraturan  Menteri  Agama  RI  Nomor  6  Tahun  2015  tentang  Susunan Organisasi dan Tata Kerja IAIN Bone;

8.   Peraturan  Menteri Agama Nomor  51  Tahun  2016  tentang  Statuta  Institut Agama Islam Negeri Bone;

9.   Peraturan  Menteri  Riset,  Teknologi,  dan  Pendidikan  Tinggi  Nomor  44 Tahun  2015  tentang  Standar  Nasional  Pendidikan  Tinggi  (Berita  Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 1952);

10. Peraturan  Menteri  Riset,  Teknologi,  dan  Pendidikan  Tinggi  Nomor  50 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 1496);

11. Peraturan  Menteri  Agama  Nomor  55  tahun  2014  tentang  Penelitian  dan Pengabdian kepada Masyarakat pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

12. Keputusan   Menteri   Agama   Nomor   39   Tahun   2015   tentang   Rencana Strategis Kementerian Agama Tahun 2015-2019;

13. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor     6994 Tahun 2018 Tentang Agenda Riset Keagamaan Nasional (ARKAN) 2018-2028.

BAB II PROFIL, VISI, MISI, DAN TUJUAN PROGRAM STUDI

A.  Profil Prodi Pendidikan Bahasa Arab

Berdasarkan  Keputusan  Direktur  Jenderal  Pendidikan  Islam  No.  157 Tahun 2011 Program Studi PBA  Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Bone yang disebut dalam dokumen ini Prodi PBA . Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)  merupakan program studi yang usianya terbilang cukup lama dalam lingkup Fakultas Tarbiyah IAIN Bone. Prodi PBA  Fakultas Tarbiyah IAIN Bone fokus menyelenggarakan pendidikan dasar berbasis TPCAK (Technological Pedagogical Content Knowledge), termasuk di dalamnya pengembangan media berbasis ICT. Keberadaan Prodi PBA  Fakultas Tarbiyah IAIN Bone tidak terlepas dari pengaruh kondisi lingkungan makro dan mikro.

Kurikulum di Prodi Pendidikan Bahasa Arab disusun sedemikian rupa untuk merespon dinamika dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus tantangan dan kebutuhan masyarakat/stakeholders, sehingga kegiatan pendidikan yang diselenggarakan oleh Prodi PBA menjadi senantiasa relevan. Perubahan senantiasa dilakukan dengan memperhatikan masukan dari berbagai pihak, baik dari praktisi maupun akademisi, sekaligus mengacu visi-misi fakultas dan institut.

Pembelajaran yang meliputi proses belajar-mengajar dan penilaian hasil belajar telah terlaksana dengan sangat baik. Hal   tersebut terjadi karena berkat dukungan dari semua pihak. Proses perkuliahan dilaksanakan melalui berbagai kegiatan antara lain: tatap muka, diskusi, presentasi karya ilmiah dan seminar, praktikum, serta kegiatan terstruktur dan mandiri dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk merespon isu-isu baru dalam ilmu pengetahuan.

Prodi PBA dengan sumber daya yang dimiliki merasa optimis akan keberlanjutannya. Hal itu didasarkan karena dukungan dana oleh negara melalui berbagai sumber, rasio dosen dengan mahasiswa yang baik, sarana fisik yang representatif dan   memadai. Kekhususan yang dimiliki Prodi PBA   merupakan

keunggulan yang membuka peluang kerja bagi alumni, sehingga keberadaannya tetap mempunyai prospek yang cerah di masa depan.

B.  Visi Prodi Pendidikan Bahasa Arab

Menjadi Program Studi yang Unggul dalam menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa Arab yang professional dan berakhlak mulia di kawasan Indonesia Timur 2032

C.  Misi Prodi Pendidikan Bahasa Arab

1. Menyelenggarakan Pendidikan dan Pengajaran dalam Bidang Pendidikan Bahasa Arab yang Unggul, Profesional dan Berakhlak Mulia di Kawasan Indonesia Timur

2.   Menyelenggarakan Penelitian dalam Bidang Pendidikan Bahasa Arab yang Unggul, Profesional dan Berakhlak Mulia di Kawasan Indonesia Timur

3.   Menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat dalam Bidang Pendidikan Bahasa Arab yang Unggul, Profesional dan Berakhlak Mulia di Kawasan Indonesia Timur

4.   Menjalin Kerjasama dalam Bidang Pendidikan Bahasa Arab yang Unggul, Profesional dan Berakhlak Mulia di Kawasan Indonesia Timur

5.   Menyelenggarakan  Layanan  Administrasi  yang  Unggul,  Profesional  dan Berakhlak Mulia di Kawasan Indonesia Timur

D.  Tujuan Prodi Pendidikan Bahasa Arab

1)    Menghasilkan lulusan Prodi PBA yang unggul dan kompetitif dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab berlandaskan nilai-nilai karakter Islami (berakhlak mulia).

2)   Menghasilkan Penelitian dalam Bidang Pendidikan Bahasa Arab yang Profesional, berkualitas dan Berakhlak Mulia dalam bentuk Makalah, Laporan Penelitian Tindakan Kelas, Skripsi, Jurnal.

3)   Menghasilkan Pengabdian Masyarakat dalam dalam Bidang Pendidikan Bahasa Arab yang Profesional, berkualitas dan Berakhlak Mulia dalam bentuk Kemah Bahasa Arab, Abdi Desa, Mabit, Daurah Arabiyyah 

4)   Menghasilkan Kerjasama dalam dalam Bidang Pendidikan Bahasa Arab yang Profesional, berkualitas dan Berakhlak Mulia dengan lembaga Pemerintah maupun Non Pemerintah dalam bentuk, MoU dan Perjanjian Kerja Sama.

5)         Menghadirkan Layanan Administrasi Akademik dan Non akademik yang Unggul, Profesional dan Berakhlak Mulia di Kawasan Indonesia Timur

BAB III TUJUAN, SASARAN, STRATEGI DAN ARAH KEBIJAKAN TAHUN 2019-2023

Pencapaian visi kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Arab fakultas tarbiyah IAIN Bone memerlukan perhatian dan kerja sama tim untuk berkontribusi secara nyata melalui capaian kinerja yang terarah dan terukur. Dalam rangka memberi arah yang jelas dan terukur pada pencapaian visi kurikulum prodi telah ditetapkan Renstra Prodi PBA Fakultas Tarbiyah IAIN Bone tahun 2019-2023. Sasaran dan indikator capaian tiap bidang telah dituangkan secara rinci dalam Renstra yang implementasinya memerlukan penjabaran lebih lanjut.

A.  Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai oleh Prodi Pendidikan Bahasa Arab adalah meningkatkan kuantitas, kualitas dan output penelitian dilingkungan Prodi PBA.

B.  Sasaran

Bidang Penelitian

Dalam rangka keperluan pengukuran ketercapaian tujuan strategis bidang penelitian diperlukan  sejumlah  sasaran strategis beserta indikator  ketercapaian sasaran yang menggambarkan kondisi yang harus dicapai  pada tahun 2023. Hasil- hasil penelitian diharapkan terus meningkat kualitasnya sehingga dapat dipublikasikan di jurnal bereputasi (baik nasional maupun internasional) dan memiliki keunggulan yang dapat menjadi ciri khas penelitian Prodi PBA. Dalam rangka mempercepat peningkatan kualitas penelitian ditetapkan sasaran berikut:

1.    Meningkatkan jumlah penelitian unggulan dengan tingkat kompetisi yang lebih tinggi, Meningkatkan jumlah publikasi hasil riset dijurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional terindeks

2.    Meningkatkan  jumlah  penelitian  unggulan  Prodi  PBA,

3.    Meningkatkan jumlah penelitian kolaborasi dengan institusi lain baik di dalam maupun di luar negeri,

4.    Meningkatkan perolehan HKI dan paten dari hasil riset,

5.    Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian,

6.    Pengembangan Jurnal Prodi PBA yang terakreditasi,

C.  Strategi dan Arah Kebijakan Prodi PBA

Program kerja dan strategi pelayanan Prodi PBA meliputi:

1.    Menyelenggarakan pelatihan manajemen dan metodologi penelitian bagi dosen dan mahasiswa baik teori maupun praktek.

2.    Memfasilitasi  pengembangan  kelompok  dalam berbagai klaster dan bidang interdisipliner keilmuan melalui research Group,

3.    Melakukan  penelitian  berkenaan  dengan  upaya  meningkatkan  kecerdasan bangsa. Dengan demikian, roadmap penelitian prodi PBA tahun 2019-2023 diarahkan untuk memperkuat visi keilmuan Prodi PBA IAIN Bone yang hal itu didasarkan pada pilihan- pilihan  topik-topik  penelitian  dan  keterkaitan  topik-topik  penelitian dengan tema penelitian ARKAN (Agenda Riset Keagamaan Nasional) Kementerian Agama yang disajikan pada tabel berikut:

TemaSubtemaUraianRuang lingkup
STUDI ISLAMPerkembangan Khazanah PesantrenMedia Pembelajaran Bahasa Arab di pesantren
Peran pesantren dalam pengembangan Bahasa Arab
Metode Pembelajaran Bahasa Arab di pesantren
Pembelajaran Kitab Kuning
Pengembangan PendidikanInovasi Pendidikan Bahasa Arab
Manajemen Pendidikan Bahasa Arab
Pengembangan Keterampilan Bahasa Arab
Pendidikan berbasis teknologi modern
Pembelajaran Bahasa pada Madrasah
INTEGRASI KEILMUANSejarah, arkeologi dan manuskripStudi naskah kitab kuning
Pemetaan sebagaimana dijelaskan di atas diarahkan pada penelitian yang berjangka lima tahunan (long term roadmap) penelitian keagamaan nasional. Hal itu diklasifikasi dalam dua target utama yaitu penguatan penelitian dasar (basic research)  pada  lima  tahun pertama dan penguatan penelitian terapan (applied research) pada lima tahun kedua. Pemetaan dua skema tersebut dapat dilihat dalam gambar di bawah ini:

Dari pemetaan perlima tahunan (shortterm roadmap) di atas, maka pelaksanaan penelitian keagamaan pertahuan sebagaimana yang dijelaskan dalam ARKAN 2018-2028 yang dijadikan pedoman dalam roadmap penelitian Prodi PBA IAIN Bone 2019-2023 dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Roadmap penelitian di Prodi PBA IAIN Bone untuk tahun 2019-2023 diarahkan untuk memperkuat visi Keilmuan Prodi PBA IAIN Bone yang muaranya adalah peningkatan mutu publikasi ilmiah nasional dan internasional. Roadmap penelitian tersebut didasarkan pada pilihan-pilihan topik-topik penelitian dan keterkaitan topik-topik penelitian dengan tema penelitian ARKAN (Agenda Riset Keagamaan Nasional) Kementerian Agama yang disajikan pada tabel berikut:

BAB VI PENUTUP

Roadmap penelitian pada Prodi PBA IAIN Bone untuk tahun 2019-2023 disusun berdasarkan basis data yang dipadukan dengan data-data penelitian Prodi. Penyusunan roadmap ini diharapkan dapat menjadi pedoman dan panduan bagi civitas akademika Prodi PBA IAIN Bone dalam melakukan aktifitas-aktifitas penelitian, yang muaranya untuk kepentingan karir akademik maupun pada kepentingan kelembagaan secara umum.

Berkaitan  dengan  hal  tersebut,  roadmap  ini  dapat  menjadi  acuan  bagi Prodi PBA Baik kepada dosen maupun mahasiswa.   Besar   harapan,   kritik konstruktif diperlukan sebagai dasar untuk terus memperbarui roadmap ini sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang mengitari demi kemajuan Prodi PBA IAIN Bone ke depan. Download

Back To Top