Road Map Pengabdian Masyarakat

KATA PENGANTAR PkM merupakan dharma kedua dari Tri Dharma Perguruan Tinggi memegang peranan yang sangat penting. PkM bukan hanya berperan dalam menghasilkan produk-produk komersil dengan inovasi tinggi, tetapi merupakan penunjang penting dalam pelaksanaan dharma pertama (pembelajaran) dan dharma ketiga (pengabdian kepada masyarakat). Kegiatan PkM di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah IAIN Bone diarahkan kepada PkM yang relevan dengan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia saat ini, sehingga mampu berkonstribusi baik dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa. Sejalan dengan hal tersebut, Prodi PBA IAIN Bone merealisasikan tujuan PkM dengan mengalokasikan sumberdaya manusia sesuai dengan kepakaran yang diperlukan yang ada di Prodi PBA.

BAB I PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Komitmen Prodi PBA Fakultas Tarbiyah IAIN Bone terhadap pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari implementasi tri dharma perguruan tinggi merupakan suatu wadah kontribusi dosen dan mahasiswa dalam penerapan disiplin keilmuan mereka. Komitmen tersebut tidak bisa dipisahkan dari adanya kebijakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam lingkungan Prodi PBA yang merefleksikan pengejawantahan dari komitmen tersebut yang dalam hal ini adalah bagaimana mewujudkan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang akomodatif terhadap kebutuhan masyarakat khususnya yang berkaitan dengan pendidikan Bahasa Arab dengan berbagai dimensinya. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Prodi PBA sebagai bentuk tindak lanjut dari Rencana Strategis PkM LPPM IAIN Bone tahun 2019-2023. Untuk dapat merealisasikan rencana PkM IAIN Bone, Prodi PBA merumuskan dan menetapkan Peta Jalan (Road Map) PkM. Peta Jalan (Road Map) ini menjadi acuan bagi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi PkM di lingkup Prodi PBA IAIN Bone.

B.    Tujuan

Tujuan penyusunan Peta Jalan (Road Map) PkM adalah untuk:

  1. Menjadi pedoman dan landasan bagi pengelola maupun pelaksana PkM dalam menjalankan program pengabdian di Prodi PBA IAIN Bone,
  2. Menjadi acuan dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi PkM,
  3. Memastikan bahwa mutu pelaksanaan dan hasil pengabdian dapat diukur, dan
  4. Memastikan bahwa program PkM di Prodi PBA IAIN Bone dijalankan dalam rangka melaksanakan misi untuk mencapai visi Program Studi PBA IAIN Bone.

 BAB II PETA JALAN (ROADMAP) PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM)

  1. Deskripsi

PkM merupakan dharma ketiga dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal tersebut memegang peranan yang sangat penting. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bukan hanya berperan dalam menghasilkan produk- produk komersil dengan inovasi tinggi, melainkan juga merupakan penunjang penting dalam pelaksanaan dharma pertama (pembelajaran) dan dharma kedua (Penelitian).

Kegiatan PkM di IAIN Bone, khususnya di Prodi PBA, diarahkan untuk hal-hal yang relevan dengan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia saat ini sehingga mampu berkontribusi baik dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan daya saing bangsa.

Sejalan dengan hal tersebut, Prodi PBA telah menyusun roadmap PkM untuk pelaksanaan Tahun 2019-2023. Roadmap tersebut didasarkan atas UU nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 20 ayat 2, yakni perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan dan mengembangkan pengabdian kepada masyarakat, di samping pendidikan demi kemajuan bangsa dan negara. Kemudian, Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pasal 60, menyatakan bahwa dosen berkewajiban melaksanakan tridharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selanjutnya, Undang- Undang nomor 12 tahun 2012 mewajibkan perguruan tinggi untuk melaksanakan tridharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

B.           Dasar Hukum

Secara garis besar, dasar hukum PkM dapat dilihat sebagai berikut.

  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Undang-undang nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi,
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi
  4. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristek Dikti) Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 ten tan g Standar Nasional Pendidikan Tinggi,
  5. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2018 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Institut Agama Islam Negeri Bone.
  6. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Statuta Institut Agama Islam Negeri Bone.
  7. Keputusan Ketua STAIN Watampone Nomor 028 Tahun 2016 tentang Rencana Induk Pengembangan (RIP) Tahun 2016-2032 STAIN Watampone
  8. Keputusan Rektor Institut Agama Islam Negeri Bone Nomor 247 Tah u n 2019 Tentang Rencana Strategis Institut Agama Islam Negeri Bone Tahun 2018-2022.

Berangkat dari penjelasan -penjelasan tersebut, disusunlah peta jalan (roadmap) PkM Prodi PBA sebagai berikut.

Tabel 1. Gambaran Peta Jalan (Roadmap) PkM

TemaSub TemaContoh Judul
Kemah Bahasa Arab/
Daurah Arabiyah
– Pembinaan Kualitas Bahasa Arab mahasiswa dan siswa
– Strategi Pembelajaran PBA
– Pembentukan Lingkungan Berbahasa Arab
– Pelatihan/daurah tentang mengembangkan kemahiran berbicara  Bahasa Arab
– Pendampingan kegiatan Bahasa Arab
– Pelatihan pembentukan lingkungan Bahasa Arab
– Pelatihan peningkatan kapasitas mahasiswa dan siswa dalam belajar Bahasa Arab PBA
Abdi Desa/Masyarakat/ Mabit– Pengembangan kemampuan masyarakat dalam    membaca             dan menulis al-Qur’an.
– Pengembangan pemahaman          masyarakat dalam Bahasa Arab
– Pengembangan kemampuan   (skill) dalam bidang Penagajran Bahasa Arab.
– Pengembangan pengajaran Bahasa Arab anak-anak pada TK/TPA yang ada di Kab. bone
– Pelatihan membaca Bahasa Arab
– Pelatihan pembelajaran Bahasa Arab di era digital.
– Pendampingan    dalam    Pembuatan Video/Film Pendek tentang Bahasa Arab.
– Pelaksanaan Lomba bagi masyarakat
Pendampingan Majelis Ta’lim

III. PENUTUP

Peta Jalan (Roadmap) PkM IAIN Prodi PBA Fakultas Tarbiyah IAIN Bone yang telah ditetapkan ini, selanjutnya akan menjadi acuan bagi seluruh sivitas akademika, baik dosen maupun mahasiswa Prodi PBA untuk melakukan PkM. Download

Back To Top